Jasa Pembuatan Website Murah


Indonesia oh Indonesia, Mindset Diskon, harga murah, fitur menggunung mungkin sudah mendarah daging di sebagian masyarakat besar Negeri tercinta ini. Berprofesi sebagai Software Developer sekaligus Freelancer disatu sisi merupakan Hobi yang menghasilkan tetapi di satu sisi lain selalu mendapatkan tekanan saat client menginginkan fitur aplikasi ini itu dengan harga rendah.

jualan murah sale

HARGA KREATIVITAS

Seorang pemain bola dibayar mahal karena Skill didalam lapangan yang selalu mencetak Gol disetiap pertandingan, sungguh masuk akal sampai-sampai mereka mampu membeli mobil dengan minimal harga 1 Milyar. Tahukah anda mengapa mereka bisa mencetak GOL ? KREATIVITAS didalam lapangan , menggiring bola dan memasukannya kedalam gawang lawan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mereka bekerja sama dalam tim, bahkan sesekali menggiring dan menggocek lawan dari tengah lapang sampai akhirnya memasukannya. Saat Berlari mereka berfikir tentang Arah, kemana bola ini akan dibawa, kanan ? kiri ? atau terobos yang penting berlari kencang sampai ke mulut gawang. Berapa banyak keringat yang Dikeluarkan ??? tetapi mereka tidak memperdulikannya, hanya dengan alasan jika mereka mencetak score, mereka mendapat bonus ! penghasilan !.

Tidak ada bedanya dengan seorang Software Developer. Dimulai dari :

  1. Pengumpulan requirement aplikasi
  2. Memperhitungkan harga
  3. Analisis design
  4. Negosiasi harga
  5. Development
  6. Deployment
  7. Payment

Seorang developer dalam sekali berfikir, mereka memperhitungkan harga dan waktu pengerjaan. akan merekrut berapa orang dalam pengerjaan, berapa harga perbulan untuk membayar tim sampai dengan kebutuhan aplikasi dapat terpenuhi. Disisi lain, merekan berfikir dalam 1 bulan, mereka makan apa ? berapa biaya listrik , air dan transportasi. Ini semua tidak ada bedanya dengan “berapa banyak keringat yang keluar ?”

Masih butuh Penjabaran lebih Rinci cara kerja developer ? . Mari kita buka 10 item diantara sekian banyak faktor yang mempengaruhi Harga Sebuah PRODUK.

  1. Sistem apa yang akan dibuat ?
  2. Fitur apa yang akan mereka tambahkan ?
  3. Berapa banyak Resource yang akan digunakan ?
  4. Berapa waktu yang dibutuhkan ?
  5. Bagaimana tentang Warna dalam Design ?
  6. Apa yang harus dilakukan ketika ada error ?
  7. Bagaimana dengan sisi keamanan ?
  8. Apa output dari aplikasi tersebut ?
  9. Bagaimana tentang After Sales ?
  10. Berapa lama garansi yang diberikan ?

Apakah masuk akal jika ditengah perekonomian yang sulit, masih saja ada yang membayar 3 juta untuk 1 Aplikasi ?

Mari kita berbagi pengetahuan tentang Biaya. Developer sekelas SMK, mereka bersekolah selama 3 Tahun, berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan Ilmu Software Development ? terbayarkah dengan harga 1 Juta ????? Untuk Lulusan Politeknik dan Universitas , apakah wajar dibayar hanya dengan 5 juta ? sebandingkah dengan biaya kuliah serta ini dan itu ?

Entah bagaimana cara client berfikir, saat developer bekerja, banyak Ilmu dan kreativitas yang harus dikeluarkan dan diciptakan. tetapi masih saja banyak yang kurang menghargai Ilmu dan kreativitas seorang Software Developer.

Disini penulis bukan ingin mengeluh , melainkan ingin berbagi cerita dengan harapan adanya suatu Penghargaan terhadap yang dikeluarkan oleh para pembuat aplikasi.

Advertisements

1 Comment

  1. You post interesting content here. Your blog deserves much bigger
    audience. It can go viral if you give it initial boost, i know
    useful tool that can help you, just search in google: svetsern traffic tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s